Pertanian Terapkan Modern 4.0 Upaya Meningkatkan Produktivitas

0

Situbondo, JNN.co.id – Guna meningkatkan hasil pertanian sehingga berdampak kesejahteraan Bagi petani serta dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan,Dengan itu BNI menyelenggarakan sarasehan bertemakan,”Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0.” Bertempat di pendopo Kecamatan Besuki, Rabu 13/11/19.Sore

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH., Dirjen PDT Kemendesa PDTT Drs. Samsul Widodo, MA., GM Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo, Direktur Ekonomi Digital Kominfo Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng, Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin, Kadistan Kabupaten Situbondo Ir. Farid Kuntadi, petani, kelompok tani, kewirausahaan pertanian di sekitar Kabupaten Situbondo serta tamu undangan lain.

Pelaksanaan kegiatan pertanian modern 4.0 (smartfarming) oleh BNI yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI, Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sisi keuntungan lainnya yaitu dapat mengidentifikasi waktu yang tepat untuk menanam benih, kadar pupuk yang ditebar juga sebagai tindakan preventif (pencegahan hama) secara cepat dan tepat.

H. Dadang Wigiarto, SH., pada sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Situbondo menyambut baik penerapan teknologi sehingga dapat membantu produktivitas petani.

“Terima kasih kepada BNI atas pelaksanaan gerakan menyongsong pertanian 4.0 ini. Semoga kerja sama Pemkab Situbondo dengan BNI bisa lebih ditingkatkan,” ujar Bupati Situbondo.

Disisi lain Bambang Setyatmojo menjelaskan BNI bersinergi dengan Kementrian Pertanian, Kominfo, Kemendes serta PT MSMB menjadi mitra strategis dalam penerapan teknologi. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas petani di Situbondo.

Selain sarasehan, serangkaian kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada acara tersebut yaitu kesiapan dan sosialisasi penggunaan teknologi digital untuk pertanian dan tebar pupuk secara simbolis, kemudahan akses pembiayaan perbankan. ( Sun )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here