Laksi Minta Iklan Tokopedia Boyband Korea Ditarik, Sebab Berbau LGBT

5
Teks: Boyband korea di iklan tokopedia. Foto: tokopedia.com

 

Teks: Boyband korea di iklan tokopedia. Foto: tokopedia.com

Jakarta, JNN.co.id – Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (Laksi) mendesak Tokopedia menarik Iklan Tokopedia yang menampilkan Boyband Korea, sebab diduga mengarah kepada kampanye LGBT. Laksi berharap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dapat mencabut iklan dari Tokopedia tersebut.

Pernyataan ini disampaikan Koordinator Aksi, Zoel Nasution didampingi Azmi Hidzaqi Ketua Umum Laksi dalam rilisnya, Kamis (08/01/2020).

“Diharapkan bangsa ini dapat terlindungi terhadap anak dan remaja yang rentan menduplikasi perilaku menyimpang LGBT. Karenanya, baik televisi maupun radio, tidak boleh memberikan ruang yang dapat menjadikan perilaku LGBT itu dianggap sebagai hal yang lumrah,” katanya.

Menurut Zoel, aturan dalam P3 & SPS itu sudah jelas, baik tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan dan kesopanan, ataupun tentang perlindungan anak dan remaja yang melarang adanya muatan yang mendorong anak dan remaja belajar tentang perilaku tidak pantas dan atau membenarkan perilaku tersebut. Selain itu, kami juga mengingatkan bahwa dalam Undang-undang Penyiaran juga menegaskan bagaimana tujuan penyelenggaraan penyiaran, yakni salah satunya untuk terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa.

“Kami meminta kepada Tokopedia untuk membuat iklan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan budaya bangsa, kami meminta agar Tokopedia menggunakan hati nurani dalam membuat iklan agar turut serta menjaga budaya bangsa ini agar tidak mengarah kepada perilaku yang menyimpang dan kurang menghargai budaya bangsa sendiri,” desaknya.

Sedangkan kata dia, KPI sebagaimana dilaporkan di situs resminya, memberikan imbauan kepada semua lembaga penyiaran untuk tidak memberikan ruang yang menampilkan praktik, perilaku dan promosi LGBT. Promosi yang dimaksud dapat dilihat dari aspek judul/tema, narasi, pembawa acara, keberimbangan narasumber dan durasi dalam menyampaikan pendapat dan kesimpulan yang memuat pesan bahwa LGBT sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan.

“Sesuai dengan fungsinya, KPI kembali mengingatkan kepada semua media agar tetap mematuhi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 (UU Penyiaran) bahwa semua media berfungsi membentuk watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa,” tandasnya.

Zoel menambkan bahwa, Laksi menuntut agar Tokopedia menarik seluruh iklan di media elektronik dan iklan di media luar ruangnya karena figur yang menjadi bintang iklannya mengarah kepada perilaku menyimpang dan mendorong kehidupan liberal dan mengarah kepada perilaku LGBT. Bagi masyarakat muslim Indonesia kami juga mengecam iklan yang dibuat Tokopedia yang secara sengaja memberikan ruang kepada Boyband Korean BTS yang berpenampilan dan gaya hidupnya mengkampanyekan  LGBT.

“Kami keberatan dengan kampanye LGBT ala Tokopedia ini, cabut izin Tokopedia karena melakukan kampanye budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi adab,” tambahnya.

Seharusnya kata Zoel, Tokopedia tidak menampilkan artis Korea yang tidak sesuai dengan akar budaya bangsa Indonesia, kami akan mengkampanyekan boikot Tokopedia yang sudah secara terang terangan memberikan ruang kepada Boyband yang mengkampanyekan LGBT secara terang terangan, jelas ini akan merusak perilaku dan budaya bangsa kita.

“Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya bangsa ini nanti kalau seandainya sikap dan gaya hidup dari LGBT tersebut berkembang biak di Negeri tercinta ini,” pungkasnya.

Rencananya demi menjaga akhlak dan moralitas bangsa kita akan ambruk dan rusak luar biasa. Dan atas dasar tersebut, maka laksi akan melakukan aksi massa memboikot iklan Tokopedia.

“Laksi mengundang kawan-kawan media untuk peliputan kegiatan aksi yang akan dilaksanakan pada Kamis/ 9 Januari 2020, Titik Aksi: Tokopedia Tower, Waktu: 13. 00 Wib s.d. Selesai. Adapun tuntutannya adalah Tarik Iklan Tokopedia yang menampilkan Boyband Korea Karena Adanya Dugaan yang mengarah Kampanye LGBT,” pungkas Zoel menggebu-gebu penuh semangat 45. (Red)

5 KOMENTAR

  1. “…kampanye LGBT.”
    Maaf aja, tapi setauku mereka kampanye ‘self-love’
    Bagaimana untuk lebih mencintai diri sendiri, bagaimana untuk menghargai diri sendiri, bagaimana untuk ‘lebih nerima’ diri sendiri. Bersyukur dengan diri sendiri.

    Ini mungkin bukan apa-apa untuk manusia dengan harta, tahta, visual, dkk di tangan mereka. Tapi ini masalah serius. Banyak kasus bunuh diri karena ‘SELF HATRED’, karena mereka benci diri mereka sendiri.

    Ini mungkin bukan masalah besar bagi kalian. Jelas bukan. Kami bunuh diri pun bukan masalah kalian. IYA. BENAR. Kalian yang tidak peduli bagaimana sosial memperlakukan KAMI. Namun kami sangat berterimakasih untuk BTS yang membantu kami untuk lebih mencintai diri kami, sehingga hingga detik ini kami masih bernafas, seperti orang-orang yang terlihat bahagia di luar sana.

    Sorry, to our lovely boys, maaf karena masih ada orang-orang berkuasa yang tidak berpikiran terbuka (open minded) di negara subur makmur ini.

  2. Woi laksi, dimana letak LGBT nya njir, mereka pakek pakaian tertutup, bergaya seadanya, ngomong pake bahasa Indonesia. Jadi dimana letak LGBT nya? Kalau ngomong tu dikasih bukti, jangan hanya bacitan belaka!
    Mana buktinya kalau mereka mengkampanyekan LGBT? Justru yg mereka kampanye kan itu “love yourself, love myself, just speak yourself ”
    Kalau memang mereka mengampanyekan LGBT, gk mungkin mereka berani buat konser di arab, sampe pangeran arab nyuruh presiden korsel untuk ngundang bts berjumpa langsung dengan pangeran arab, gk mingkin juga mereka di undang oleh UNICEF, sebagai duta remaja seluruh dunia.
    Jadi kalau ngomong jangan asal asbun.

  3. Sebenarnya Dibagian mananya BTS dan tokopedia itu mengkampanyekan Lgbt, rasanya kurang membaca kali ya para bapak2 LAKSI ni, ini namanya udah pencemaran nama baik, BIG HIT ENTERTAINMENT Bisa menuntut ni..
    Tolong lebih baik dikoreksi terlebih dahulu,

  4. Saya kurang setuju.. apanya yang iklan berbau LGBT. Mereka gak tau bedanya LGBT sama Bromance. Bromance itu hubungan intim antara sesama lelaki yang tidak mengandung unsur seksual. Bromance itu seperti sahabat yang sudah sangat dekat, mengerti satu sama lain. Ya jelaslah, mereka terlihat akrab satu sama lain. Tinggal dan hidup bersama lebih dari 7 tahun, bahkan sebelum mereka debut. Budaya Indonesia memang tidak seperti mereka, gimana Indonesia mau maju kalau tidak menghargai budaya negara lain.

    Daripada ngurusin BTS sebagai BA yang kurang sesuai dengan asumsimu. Lebih baik ngurusin transgender yang sering muncul di TV, pantes tah itu ditonton rakyat Indonesia. BTS aja bajunya juga lebih sopan dibandingkan artis2 lainnya. Selama mereka promosi pun kita baik-baik saja, gak ada hal yang aneh. Kalau mau jatuhin orang jangan kaya gini, semua ada plus minusnya. Kalau ada unsur LGBT-ya tunjukkan yang mana. Mereka belum pernah melihat reaksi mereka ketika nonton MAMAMOO di MAMA jiwa/hasrat lelaki mereka terhadap perempuan keluar semua. *Maaf

    Laksi gak tau kalo BTS itu paling berpengaruh dibanding yang lain. Kalau memang gak suka Brand Ambasadornya orang asing bilang saja. Memang kalau dari produk sendiri apakah akan segencar itu untuk memasarkan produknya. Bukan berarti mengejek produk dalam negeri ya. Dunia bisnis seperti itu mereka cari keuntungan ya seperti itu.

    Saya bersyukur lo BTS bisa jadi salah satu BA-nya produk Indo. Gak sembarangan lo ya kalo kerja sama BTS semua produk diiyain, susah banget. Apalagi kerja sama sama BTS itu gak langsung jadi sampai tahunan melakukan perjanjian, karena saking banyaknya label yang pengen BTS jadi BA atau iklan lainnya. Bahkan konsep rekaman pun juga disesuaikan dengan negara yang bersangkutan atau konsep dari Tokopedia itu sendiri. Tambahan lagi, kemarin MBC yang gagal membawa BTS untuk mengisi acaranya akhir tahunan mereka agak kecewa, karena jadwal yang bentrok di New York. Itulah patut besyukur bisa gandeng BTS atau artis K-Pop lainnya.

    Mohon LAKSI lebih bijak dalam mengambil keputusan. Jangan kalah bijak dengan anak kecil.

  5. Lgbt sebelah mananya sih ? Ada adegan cium kah ? Peluk ? Bersetubuh ? Dan kenapa baru sekarang ? Kan ini udah jalan berbulan-bulan ? Tolong ngomongnya jangan cuma sama tokopedia , rembukan sama fans nya boyband yang kalian katain mengarah ke lgbt itu biar kalian paham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here