Kapolres Soppeng Himbau Masyarakat Waspadai Penyakit Antraks

0

Soppeng, JNN.co.id –  Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro Bowo Leksono S.ik SH, menghimbau masyarakat khususnya di Kabupaten Soppeng untuk bersama mencegah penyakit antraks serta meningkatkan kewaspadaan dini terhadap penyakit antraks, Kamis 20/2/2020.

Hal tersebut diungkapkan terkait laporan kejadian kematian hewan ternak sapi yang positif antraks dari dinas peternakan soppeng, yang terjadi di Maddumpa Desa Lalabatariaja Kec. Donri donri Soppeng pada Selasa 18/2/2020 lalu.

Kapolres Soppeng mengharapkan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mencegah penyakit antraks, dengan saling mengingatkan dan segera melaporkan ke fasilitas kesehatan setempat apabila ada masyarakat sakit dengan gejala antraks serta mempunyai riwayat kontak dengan hewan sakit

Selain itu masyarakat juga dilarang untuk menyembelih dan mengkonsumsi daging yang berasal dari hewan yang sakit dengan gejala antraks. Disarankan mengkonsumsi daging dari hewan sehat, memasak daging juga harus matang sempurna dan disembelih di RPH (Rumah Potong Hewan) resmi dilingkungan setempat.

Segera melapor ke petugas terdekat, apabila menemukan ternak sakit atau ternak mati mendadak, serta tidak membawa hewan sakit keluar dan masuk wilayahnya agar tidak menyebarkan penyakit ke wilayah lain

dan selalu menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun / disinfektan apabila bersentuhan dengan hewan sakit atau mati dengan gejala antraks.(Mol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here