Warga Binaan Rutan Kelas ll B Situbonso Mendapat Pelatihan Ekonomi Kreatif

0

Situbondo, JNN.co.id – Warga binaan di rumah tahanan (rutan) maupun lembaga pemasyarakatan (Lapas) harus mendapat pelatihan ekonomi kreatif melalui motivasi kerja, agar proses reintegrasi sosial berjalan cepat dan lancar saat mereka kembali ke masyarakat.

Hal tersebut dikatakan kepala lapas kelas ll B Alip Purnomo,A.Md.IP,SH,MH situbondo kepada Wartawan JNN.Co.mengatakan,” Warga binaan di kelas ll B kita beri motivasi yang sangat se kreatif mingkin agar dari keluarnya dari binaan ini ia bisa berguna masyarakat sekitarnya dan mendirikan lapangan kerja,”papar Alip. kamis 24/10/19.

Menurutnya keterampilan yang dimiliki dapat membangun citra positif bagi warga binaan rutan maupun lapas. Harapannya, mereka dapat terus berkreativitas karya yang bernilai dan menjadikan ekonomi mampu mandiri dan berkompetisi di tengah lingkungan masyarakat setelah selesai menjalani masa pembinaan.

“Saya lihat potensi produk karya dari teman-teman warga binaan lapas Kelas II B ini sudah sangat bagus. Tinggal dibina lebih lanjut agar dapat berkembang,” ungkapnya.

Hal lain,kepala lapas  menyampaiakan memiliki program bagi eks warga binaan, selama ini program tersebut hanya untuk laki-laki. Namun kedepan juga akan menyasar eks warga binaan perempuan. “Harapannya mereka bisa lebih berdaya secara ekonomi dengan menghasilkan motivasi sehingga stigma negatif sebagai mantan narapidana lambat laun luntur,” imbuhnya.

Selain itu, Kemensos juga siap untuk memberi pendampingan dan dukungan pengasuhan bagi warga binaan yang memiliki balita namun. Alip juga mengajak warga binaan untuk tidak berputus asa dan terus melakukan introspeksi diri . “Jadikan pengalaman disini untuk lebih dewasa, lebih kuat, lebih tabah dalam menghadapi cobaan hidup dan Masuk Napi keluar Santri,” Tambah Alip (Sun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here